Membuat Form Kontak Menggunakan Google Drive Baru

Membuat Form Kontak Menggunakan Google Drive Baru - Adalah mudah jika kita ikuti panduan yang memang sudah disediakan pada fasilitas gratis Google Drive tersebut, kita hanya perlu melakukan beberapa pengaturan agar form yang akan dipasan pada Blog bisa sesuai keinginan.

Sebenarnya untuk sebuah Form Kontak ada banyak sekali pilihan yang disediakan termasuk oleh para Blogger itu sendiri yang dengan suka rela membagikan hasil karya mereka, bahkan itu bisa dibuat sendiri jika kita mengerti sedikit tentang HTML (Hyper Text Markup Language).

Sedikit saya jelaskan tentang HTML yaitu sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa), menurut Wikipedia.

Sekarang mari kita mulai,,

Membuat Form Kontak Mengguanakan Google Drive Baru

Masuk ke Google Drive dengan sebuah akun (email) yang anda pakai,
>> Pada dashboard pilih Drive saya > Lainnya > Google Formulir
>> Pilih Edit Pertanyaan

Maaf gambarnya ga terpasang cuma ada satu dibagian bawah postingan ini itu punya saya yang saya pasang di blog ini ruangtransit.blogspot.com, saya simpannya di Drive Google juga

>> Pada bagian atas "Setelan Formulir" Centang sesuai keinginan, saya pilih
     Tampilkan bilah kemajuan di bagian bawah halaman formulir
>> Beri judul form
>> Dibawahnya tulis Deskripsi, semisal ada yang ingin kita sampaikan

Kemudian Isi satu persatu pengaturan form yang akan kita buat,
Disini saya akan membuat form dengan 4 kolom isian dimulai dari Nama, Email, kolom Nama Blog dan kolom Pesan

Kolom pertama,
>> Pada  judul pertanyaan saya isi "Nama"
>> Text bantuan kosongkan
>> Jenis pertanyaan pilih "Text"
>> Dibawahnya ada kotak centang untuk membedakan Pertanyaan wajib, saya tekan centang,
      jika dianggap wajib nantinya akan ada kode bintang
>> Selesai

Lanjut kebawah lagi Kolom kedua,
>> Pada judul pertanyaan saya isi dengan "Email"
>> Text bantuan kosongkan
>> Jenis pertanyaan pilih "Text"
>> Centang wajib, tapi tidak wajib centang,! Oke
>> Selesai

Kolom tiga
>> Judul Blog anda
>> yang lain SAMA, kecuali centang wajib

Kolom empat
>> Judul "Isi pesan anda disini"
>> Jenis pertanyaan pilih "Text Paragraph" --->kolomnya lebih lebar
>> Centang wajib
>> Selesai.

Menuju ke menu berikunya, kalau tadi Edit Pertanyaan sekarang pada deret menu dashboard klik "Lihat Tanggapan"

--> akan muncul tab view halaman baru berupa Spread Sheet kayak Excel.MS

>> Pada menu atas pilih "Alat" > Aturan pemberitahuan

Seharusnya akan muncul Pop up menu "Setel Aturan Notifikasi" yang intinya untuk memberitahu kita ketika ada yang menghubungi kita lewat Form Kontak tersebut, ada dua pilihan
1. Beri tahu saya di email ini@ini jika...
    > saya pilih , jika Seseorang mengirimkan formulir
2. Beritahu saya dengan...
    > saya pilih, dendan cara Kirim email sekarang juga
>> Simpan

Muncul lagi menu pop up
>> Klik Selesai, kita masih dapat mengeditnya sewaktu-waktu "Gratis"

Kembali ke tab view Google Drive kita
>> Lihat bentuk jadi, sebenarnya ini bisa dilihat sebelumnya --> cocok, tutup
>> Biar lebih bagus, klik Ubah Tema
>> Pilih tema yang disukai pada bilah kanan
>> Lihat lagi bentuk jadi --> lebih mantap, lanjut
>> Kembali ke Edit pertanyaan
>> Pada laman konfirmasi adanya dibagian paling bawah > Centang kedua kotak paling atas (Up To You)
>> Kirim Formulir

Lagi-lagi menu pop up, tapi kita udah mau nyampe
>> Centang url pendek
>> Sematkan
>> Atur ukuran
>> Ambil HTML-nya pegang

Itulah Form Kontak yang sudah kita buat dari tadi Menggunakan Google Drive dan saya juga baru memasangnya di blog ini "Ruang Transit"

Sekarang ayo kita Memasang Form Kontak tersebut Di Laman Blog dengan HTML yang kita rancang barusan, kenapa harus di Laman? karena Laman Blog bentuknya statis "Tetap".

Cara Memasang Kode HTML Form Kontak Ke Laman Blog

>> Buat Laman baru > beri judul Contact
>> Pilih mode/type text HTML
>> Copy Kode HTML yang ada dalam kotak menu pop up terakhir tadi dan paste-kan di Laman
      yang sedang kita kirjakan, saya menyebutnya kode sesungguhnya dia itu HTML

Anda sudah bisa mempbublish-nya, tapi saya menyetel dulu biar nanti tampilnya sendiri tanpa kotak komentar dibawahnya

Untuk melakukan itu saya setel pilihan yang ada thumbnail/simbol gerigi pada sisi kanan, untuk Komentar Pembaca > jangan izinkan (sebenarnya dari lubuk hati yang paling dalam saya mengizinkan anda semua untuk berkomentar) di ruangtransit.blogspot.com,
>> Selesai, >>> Publish-kan.

Seketika Form Kontak di blog kita sudah berfungsi, jika ada yang menghubungi kita lewat Form tersebut kita akan mendapat pemberitahuan di email yang kita maksud.
Begitulah saya Membuat Form Kontak Menggunakan Google Drive Baru, dan saya menyebut BARU karena baru saja Memasang Form Kontak tersebut di Blog ini "Ruang Transit"
Dan semua yang saya sebutkan diatas diatas itu buka Google Drive bahasa Indonesia.

Terima Kasih Telah Berkunjung,!

Semoga yang saya sampaikan Bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Form Kontak Menggunakan Google Drive Baru"

Post a Comment